Penemuan Situs Purbakala Terbesar di Indonesia

indosiar.com, Sukabumi – Benda-benda yang ditemukan di situs Tugu Gede, Cengkuk, berupa patung Dewa Syiwa berukuran 30 cm, gerabah, dolmen, menhir berukuran 4 meter, yang diduga dijadikan tempat pemujaan.

Candi perunggu berukuran mini, batu segiempat yang dijadikan tempat permandian serta dakon, batu yang berisi sebuah lubang yang diperkirakan dijadikan penumbukan padi. Selain itu, ditemukan foto lokasi peribadatan yang tertuang dalam batu besar.

Menurut Kepala Seksi Musium dan Benda Kepurbakalaan Kabupaten Sukabumi, Abdul Rahman, benda-benda peninggalan megalitik ini berusia ratusan ribu tahun, sebelum pra sejarah. Batu dolmen diperkirakan digunakan untuk tempat penguburan, sementara batu besar yang berisi 10 lubang diperkirakan dijadikan untuk menumbuk padi.

Sementara itu, menurut Kepala Subdinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi, Anyung Nurhayati, diperkirakan situs cengkuk ini merupakan terbesar di Indonesia. Sebenarnya, situs ini pertama kali ditemukan oleh warga Belanda pada tahun 1883.

Kemudian ditemukan kembali di tempat tak jauh dari temuan pertama pada tahun 1992 ditemukan sebuah patung. Pada 25 September 2005 ditemukan kembali sebuah arca. (Tim Lip/Tom)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s